Bisnis Online dan Layanan Ekspedisi - Berita dan Siaran Pers - Badan Pusat Statistik Kota Surabaya

Bisnis Online dan Layanan Ekspedisi

Bisnis Online dan Layanan Ekspedisi

2 Mei 2025 | Kegiatan Statistik Lainnya


Dinamika bisnis online di Indonesia memang selalu menarik untuk disimak. Kabar terbaru mengenai Shopee yang mengakhiri kerja sama dengan J&T Express menjadi sorotan. Langkah ini tentu menimbulkan pertanyaan tentang peta persaingan layanan ekspedisi yang menjadi urat nadi e-commerce. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan betapa krusialnya peran logistik dalam ekosistem digital, di mana layanan pengiriman reguler menjadi primadona dengan mencakup 51,79% dari total pengiriman secara nasional pada tahun 2023. Angka ini setara dengan setengah dari seluruh layanan ekspedisi dan kurir di Indonesia.

Keputusan strategis seperti ini dari platform e-commerce raksasa tentu akan memengaruhi lanskap industri ekspedisi. Menariknya, pada tahun 2023, BPS mencatat bahwa perusahaan ekspedisi dan pergudangan dengan penghasilan kurang dari 2 miliar menjadi entitas dengan jumlah terbanyak dalam sektor ini. Pergeseran mitra logistik oleh pemain besar seperti Shopee dapat memicu perubahan dalam preferensi layanan dan persaingan di antara berbagai skala perusahaan. Mari kita nantikan bagaimana peta persaingan ini akan terus berkembang, seiring dengan pertumbuhan bisnis online yang tak terhindarkan di Indonesia.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya (Statistics of Surabaya City)Jl. A. Yani 152 E Surabaya 60231 Jawa Timur Indonesia

Telp (62-31) 82516020

Faks (62-31) 8296691

Mailbox : bps3578@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik